Bupati Rayakan Haring Kaharingan di Tewei Baru

Bupati Gunung Mas Drs. Arton S. Dohong didampingi Istri Apristini Arton S. Dohong Sekda Gunung Mas beserta, Istri menghadiri Haring Kaharingan di Desa Tewai Baru Kecamatan Sepang.

Gunung Mas  – Dalam rangka Safari Haring Kaharingan yang merupakan agenda rutinitas tahunan yang terjadwal dilaksanakan oleh Pemkab Gumas. Safari hari haring kaharingan Bupati Gumas kali ini dilaksanakan di Kecamatan Sepang, bertempat di lokasi pembangunan Balai Induk Penyang Hadurut Kecamatan Sepang Desa Tewai Baru, Jumat petang. (4/5/2018).

Bupati Gunung Mas Arton S Dohong beserta rombongan disambut hangat oleh Camat Sepang bersama unsur Forum Pimpinan Kecamatan beserta Masyarakat Desa Tewai Baru. Rangkaian kegiatan diawali dengan Acara Peletakan Batu Pertama pembangunan Balai Induk Penyang Hadurut oleh Bupati Gunung Mas Arton S. Dohong, Kemudian dilanjutkan dengan acara peresmian Gedung Balai Penyang Hinje Simpei di desa Tewai Baru.

Untuk diketahui Hari Raya Haring Kaharingan Tahun 2018, Dengan Tema: “Jadikan Intan Kaharingan Sebagai Perekat Keberagaman, Untuk Mewujudkan Ajaran Penyang Hinje Simpei Paturung Humba Tamburak” (Panaturan 41 : 45), dan Sub Tema : “Dengan Hikmah Perayaan Safari Haring Kaharingan Kita Junjung Tinggi Ajaran Agama Sebagai Rasa Persatuan Antar Umat Beragama di Kecamatan Sepang”. Dalam Perayaan Hari Raya Haring Kaharingan dibuka langsung  oleh Bupati Gunung Mas Drs. Arton S. Dohong didampingi oleh Ny. Apristini Arton S. Dohong.

Sambutannya Bupati Gumas mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak terutama kepada Camat Sepang dan Seluruh Panitia atas peran dan pengabdian mereka dalam menyiapkan dan melaksanakan acara tersebut, “semoga usaha dan kerja keras dari Bapak/Ibu mendapat Pahala yang berlipat ganda dari Ranying Hatalla / Tuhan Yang Maha Esa”, ucapnya.

Bupati mengengingatkan kepada Masyarakat yang berada di wilayah Kecamatan Sepang tentang bahaya banjir, terutama bagi yang tinggal di pinggiran sungai agar berhati-hati dalam melakukan aktivitasnyai, dikarenakan cuaca sekarang ini kurang baik akibat intensitas curah hujan yang tinggi disertai angin kencang.

Bupati juga mengajak semua Umat Kaharingan agar tahun-tahun selanjutnya selalu merayakan Hari Raya Haring Kaharingan ini sebagai wujud dari Tata Cara Keagamaan Kaharingan yang di peringati pada bulan Mei setiap tahunnya. Dengan momen Perayaan Hari Raya Haring Kaharingan ini diharapkan dapat memperkokoh rasa kebersamaan antara Pemerintah Daerah dan Masyarakat sehingga mewujudkan persatuan dan kesatuan, kesejahteraan dan keadilan yang merata bagi Umat beragama di Kabupaten Gunung Mas

Peringatan Hari Haring Kaharingan  berlangsung hikmat dan terlaksana dengan sukses, Tampak dalan acara tersebut Ibu Apristini Arton S. Dohong, Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, Perwakilan Majelis Besar Agama Hindu Kaharingan Pusat Palangka Raya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunung Mas, dan Pimpinan SOPD Kabupaten Gunung Mas.

Press Release Bidang Pengelolaan Informasi Publik.