Wakil Bupati Rony Karlos, S.Sos, Menyampaikan Sambutannya terkait, masalah Penanggulangan kemiskinan di kabupaten Gunung Mas, Senin (15/04).

Gunung Mas – Badan Perencanaan, Penelitian dan pengembangan Daerah (BP3D) menyelenggarakan, rapat Koordinasi Rencana Aksi Penanggulangan Kemiskinan Daerah, yang bertempat di Aula BP3D Kabupaten Gunung Mas, Senin (15/04/2019) kemaren.

Wakil Bupati Gunung Mas Rony Karlos, S.Sos mengatakan, Masalah kemiskinan merupakan permasalahan yang paling krusial. Kalau kita indentifikasi ada tiga indikator permasalahan kemiskinan yang menonjol, pertama : jumlah penduduk miskin yang masih cukup besar, kedua : Ketimpangan kemiskinan antar wilayah, dan ketiga : Akses dan kualitas pelayanan dasar penduduk miskin masih tertinggi.

Tampak serius peserta rapat Koordinasi Rencana Aksi Pengggulangan Kemiskinan Daerah Kabupaten Gunung Mas, Senin (15/04/2019).

Sudah banyak program nasional atau daerah dalam upaya penanggulangan kemiskinan, antara lain adanya kebijakan subsidi pemerintah yang dinilai dapat meringankan beban masyarakat akan kebutuhan dasarnya yakni, program beras sejahtera (Rastra), bantuan siswa miskin (BSM), BPJS, APBN KIS, APBD Jamkesda keluarga harapan (PKH), Asistensi sosial penyandang distabilitas berat (ASPDB), Asisten Sosial Lanjut Usia terlantar (ASLUT).

”Dalam rakor ini merupakan sarana konsultasi, singkronisasi dan koordinasi dalam rangka upaya penanggulangan kemiskinan, sehinhgga dapat dihasilkan kesepakatan bersama, untuk melakukan lanhgkah-langkah yang sitematis, terencana dan bersinergi untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Gunung Mas,” ujarnya Rony.

Dikatanya, Rapat koordinasi ini, diharapkan dapat tercapai kesepakatan antara Badan Dinas/Intansi Perangkat Daerah dalam perencanan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Gunung Mas.

Diketahui bahwa, Penanggulangan kemiskinan harus merupakan upaya yang terus menerus karena kompleksitas permasalahan yang dihadapi masyarakat miskin dan keterbatasan sumberdaya untuk mewujudkan pemenuhan hak-hak dasar.

”Langkah-langkah penanggulangan kemiskinan tidak dapat ditangani sendiri oleh satu sektor tertentu, tetapi harus multi sektor dan lintas sektor dengan melibatkan stakeholder terkit, untuk meningkatkan efektivitas pencapaian program yang dijalanka,” tandasnya.

Tujuan dari Rapat tersbut, melakukan koordinasi antara Perangkat Daerah dalam penerapan strategi perencanaan untuk percepatan penanggulangan kemiskinan derah di Kabupaten Gunung Mas.