Kulala Kurun gunungmaskab.go.id – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar pembukaan rembuk Stunting tingkat Kabupaten Gumas tahun 2020.
Bupati Gumas Jaya Samaya Monong dalam sambutan menyampaikan, “Program Aksi Percepatan Penanggulangan Stunting merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup,” ujarnya bertempat di Aula Bappedalibang, Rabu (3/5/2020).

Stunting harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.
Sesuai dengan visi Terwujudnya Kabupaten Gumas yang Bermartabat, Maju, Berdaya Saing, Sejahtera dan Mandiri dengan akronim Berjuang Bersama, dengan misi kedua yaitu, meningkatkan kualitas pembangunan sumber daya manusia dalam hal ini khususnya bidang kesehatan.

“Maka ini merupakan salah satu wujud dukungan pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Gumas dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal, sehingga produktivitas masyarakat meningkat dan menurunnya beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan,” katanya.

Rembuk Stunting merupakan suatu langkah penting untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan intervensi pencegahan dan penurunan stunting, dilakukan secara bersama-sama antara Perangkat Daerah penanggung jawab layanan dengan sektor/lembaga non pemerintah dan masyarakat, dilakukan setelah hasil Analisis situasi dan memiliki Rancangan Kegiatan Aksi Daerah Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting.

Jaya mengharapkan melalui Rembuk Stunting seluruh Perangkat Daerah penanggung jawab layanan dengan sektor/lembaga non pemerintah dan masyarakat dapat menyepakati komitmen intervensi terintegrasi penurunan stunting untuk dimuat dalam RKPD/Renja Perangkat Daerah tahun 2021.

“Sekali lagi kami mengharapkan dukungan seluruh lintas sektor serta komitmen kita semua, dalam mendukung Program Aksi Percepatan Penanggulangan Stunting dan menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan yang lebih baik,” pungkasnya.