Pentingnya Peran dan Fungsi Pemda dalam Menangkal Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme

oleh | Sep 16, 2023 | BERITA

Gunungmaskab.go.id – Kuala Kurun – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) bekerja sama dengan Badan Kesbangpol Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar kegiatan Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme yang bertempat di GPU Tampung Penyang Kuala Kurun, Kamis (14/09/2023).

“Pencegahan dan penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme adalah upaya yang dilakukan secara sistematis, terencana dan terpadu,” ucap Kepala Badan Kesbangpol Kab. Gumas Sugiarto ketika membacakan sambutan dari Bupati Gumas Jaya Samaya Monong.

Dirinya menjelaskan salah satu strategi untuk merespon permasalahan tersebut, Presiden Republik Indonesia telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme Tahun 2020-2024.

Lanjutnya, Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme (RAN PE) melengkapi peraturan perundang-undangan yang terkait dengan pemberantasan tindak pidana terorisme, RAN PE juga berfungsi sebagai pengarah koordinasi antar kementerian dan lembaga.

“Saya menegaskan pentingnya penyelarasan peran dan fungsi Pemerintah Daerah (Pemda) serta membangun ketahanan masyarakat secara umum, dalam menangkal ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme,” tambahnya.

Dirinya mengharapkan dengan adanya kegiatan tersebut dapat meningkatkan pemahaman masyarakat Gumas terhadap bahaya aksi ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme dan deteksi dini gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), serta masyarakat dapat berperan aktif dalam menjaga situasi dan kondisi lingkungan.

Pada Kesempatan yang sama, Kepala Badan Kesbangpol Prov. Kalteng Katma F. Dirun yang diwakili oleh Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Badan Kesbangpol Prov. Kalteng Edy Yusuf mengatakan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari Damang Kabupaten Gunung Mas sebanyak 1 orang, ketua forum mitra Badan Kesbangpol sebanyak 10 orang, Ketua organisasi/yayasan/lembaga masyarakat adat, agama, dan kepemudaan se-Kabupaten Gunung Mas sebanyak 30 orang dan tokoh agama serta tokoh masyarakat sebanyak 9 orang.

“Adapun narasumber pada kegiatan ini adalah Dir. Intelkam POLDA Kalteng, Kepala Satgas Densus 88 Wilayah Kalimantan Tengah, Ketua FKPT Prov. Kalteng, dan Kepala Lembaga Kajian dan Pengembangan SDM PBNU Kalteng,” tutupnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh unsur Forkopimda atau yang mewakili, Anggota DPRD Kabupaten Gumas, dan Tamu Undangan Lainnya.

Berita Terkini

Pengumuman