Tegaskan Kondusifitas Dalam Pembangunan Kabupaten Gunung Mas Tahun 2024

oleh | Mar 16, 2023 | BERITA, Berita Bupati dan Wakil Bupati, Berita OPD

Kuala Kurun – Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing membuka kegiatan Forum Perangkat Daerah/Forum Lintas Perangkat Daerah Kabupaten Gunung Mas Tahun 2023, yang dilaksanakan di Aula Bappedalitbang, Rabu (15/3/2023).

Adapun tujuan kegiatan ini dilaksanakan adalah untuk mensinkronkan prioritas kegiatan pembangunan dari hasil musrenbang tiap-tiap kecamatan dengan Rancangan Awal Rencana Kerja Satuan Perangkat Daerah (Renja-PD) berdasarkan Pagu Indikatif Renja-PD dan Pagu Dana Aspirasi DPRD dalam menetapkan prioritas kegiatan yang akan dimuat dalam Renja-Perangkat Daerah Tahun 2024 yang kemudian disesuaikan menjadi prioritas Renja-PD dengan plafon/pagu dana Perangkat Daerah yang termuat dalam prioritas pembangunan daerah (Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2024) serta mengidentifikasi keefektifan berbagai regulasi yang berkaitan dengan fungsi perangkat daerah, terutama untuk mendukung terlaksananya Renja-PD Tahun 2024.

Kepala Bappedalitbang, Yantrio Aulia

Dalam sambutannya Wabup mengatakan kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan yang telah dilaksanakan pada tanggal 8 hingga 17 Februari 2023 di 12 Ibukota Kecamatan, dimana ada 898 usulan yang akan dibahas bersama sekaligus melakukan identifikasi awal terhadap pokok-pokok pikiran dari 25 dewan di Pemerintah Kabupaten Gunung Mas.

Lebih lanjut Wabup juga menegaskan kondusifitas menjadi kata kunci utama dalam tema pembangunan Kabupaten Gunung Mas Tahun 2024, dimana tahun tersebut merupakan tahun politik, dimana Pemilu dan Pilkada serentak dilaksanakan. “Selain situasi politik yang menjadi Isu Nasional, ada Isu Ketahanan Pangan dan Energi yang telah menjadi Isu Strategis yang berkembang di Nasional, bahkan di tingkat Global,” ucapnya.

Maka dari itu untuk mewujudkan Gunung Mas yang Bermartabat, Maju, Berdaya Saing, Sejahtera dan Mandiri dalam situasi tersebut, kita harus menjaga roda pembangunan berjalan sesuai arah kebijakan dengan penyesuaian strategi berdasarkan kondisi terkini agar pembangunan tidak mudah terguncang oleh gejolak kenaikan harga pangan dan energi serta ketidakpastian ekonomi, perubahan iklim, disrupsi pasokan dan inflasi.

Foto Bersama

Dirinya memaparkan untuk menjawab tantangan tersebut, maka Strategi Kebijakan Pembangunan Kabupaten Gunung Mas Tahun 2024 setidaknya meliputi mewujudkan pertumbuhan ekonomi kerakyatan, pemerataan pembangunan infrastruktur pelayanan dasar, dan peningkatan pelayanan publik bagi masyarakat. ”Kami mengharapkan ada program strategis yang berdampak langsung pada masyarakat serta program-program yang memiliki daya ungkit terhadap kesejahteraan masyarakat perlu tetap dilanjutkan dan ditingkatkan pelaksanaannya,” pungkas Wabup.

Acara ini juga dihadiri oleh seluruh Kepala Perangkat Daerah dan semua Camat se-Kabupaten Gunung Mas.

Berita Terkini

Pengumuman