Gunung Mas – Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman bagi masyarakat dan ASN mengenai Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya menggelar kegiatan sosialisasi Goes To Customer Menjawab Kebutuhan Peserta.
Kegiatan yang dipusatkan di Aula GPU Tampung Penyang Kuala Kurun, Kamis (30/8/2018) dengan tema bertajuk “Menjawab Kebutuhan peserta di Era Digital”. Kegiatan ini dihadiri lebih dari 200 orang terdiri dari berbagai peserta ASN baik PNS, PTT, serta masyarakat yang tergabung dalam keanggotan (JKN-KIS) Kegiatan tersebut dibuka Asisten Perekonomian Ir. Yohanes Tuah, M.Si.
Ir. Yohanes Tuah, Menagatakan, terkait dengan keanggotaan BPJS kesehatan masyarakat di Kabupaten Gunung Mas jumlah yang terdaftar hanya 50%. Padahal target kita di 2019 JKN-KIS seluruhnya masyarakat harus terkaper semua. Sebenarnya pihak pemerintah sudah meminta kepada pihak-pihak Perusahaan karyawan swasta diharuskan sudah menjadi anggota PBJS Kesehatan, dan itu harus dipasilitasi oleh Perusahanya.
“Dengan melalui kegiatan ini kita memastikan bahwa peserta memahami tentang program kemudahan menggunakan, aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan Goes To Customer Menjawab Kebutuhan Peserta minimal mengetahui bagaimana cara atau prosedur pelayanan peserta,” ungkapnya.
Kepala kantor BPJS Cabang Palangka Raya Lawine Alang, SE mengatakan, kegiatan Goes To Customer ini merupakan cara jitu di jaman sekarang untuk mengaduksi peserta dan masyarakat umum lainnya tentang program JKN-KIS. Mulai dari prosedur pendaftaran, alur pelayanan peserta, hak dan kewajiban peserta JKN-KIS.
Untuk menjawab kebutuhan peserta di era digital sesuai dengan tema kita pada hari ini, Goes To Customer artinya bertatap muka secara langsung seperti ini, untuk kami dapat memberikan informasi terekait prosedur pelayanan, hak dan kewajiban atau kanal-kanal pembayaran Care Center 15200 400 bisa di Downlot Aplikasi Fitur Mobile JKN. Sehingga peserta diberi kemudahan-kemudahan dalam pelaksanaan program pelayanan BPJS Kesehatan.
“Calon peserta dapat melakukan pendaftaran peserta (PBPU) dengan memasukan nomor KTP Elektronik senjutnya peserta akan mendapatkan email nomor VA. Menampilakan tagihan iuran peserta PBPU dan melakukan pembayaran via mobile dan menampilkan panduan pembayaran sesuai dengan channel pembayaran yang dipilih,” ungkapnya.
Dalam sosialisasi tersebut, Lawine Alang, SE menyampaikan di era digital ini kemajuan teknologi berkembang sangat pesat. Masyarakat lebih mudah mendapat segala keperluan hanya melalui smartphone mereka. Ini menjadi BPJS Kesehatan selalu berinovasi.
Press Release Bidang Pengelolaan Informasi Publik.