IGI mitra pemerintah bisa saling bersinergi dalam upaya peningkatan kompetensi guru

oleh | Jun 29, 2022 | BERITA

Kuala Kurun gunungmaskab.go.id –  Triwanto Samosir sebagai Ketua pengurus Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) mengatakan, tujuan pelaksanaan program organisasi penggerak ini adalah mewujudkan profil pelajar pancasila yang berkarakter, berwawasan luas, kreatif, berpikir kritis, kolaboratif dan komunikatif.

“Dirinya juga mengatakan, untuk mewujudkan tujuan tersebut kemendikbud melalui program guru penggerak memberikan pelatihan dan pendampingan bagi guru di sekolah sasaran untuk peningkatan kompetensi guru dan melalui program organisasi penggerak ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru, meningkatkan kualitas dan mutu sekolah,” ucapnya di GPU Tampung Penyeng, Rabu (29/6/2022).

“Arah kebijakan melalui POP melibatkan berbagai pihak yang bergerak dan bersinergi dalam satu pola pikir yang sama antara antara masyarakat, sekolah, dan pemangku program Merdeka Belajar.” Tambahnya

“Pendekatan dan metode yang digunakan dalam pelaksanaan program peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan tersebut ditentukan oleh masing-masing Ormas sesuai dengan hasil praktik baik yang sudah dilakukan,” kata Triwanto, ST.

“Saya mengingatkan kembali beberapa kanal-kanal IGI yang bisa membantu meningkatkan kompetensi guru seperti Satu Guru Satu Inovasi (Sagusanov), Satu Guru Satu Komek (Sagu Samek), Satu Guru Satu Buku (Sagu Saku), dan Satu Guru Satu Blog (Sagusablog),”ungkapnya.

Adapun, jelasnya jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 168 orang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Esra, M.Pd memberikan apresiasi kepada Panitia pelaksanaan kegiatan pelatihan dan dia berharap kegiatan yang sifatnya mengarah kepada peningkatan kompetensi guru seperti ini dapat dilakukan secara berkelanjutan dan berdampak langsung hasilnya pada peningkatan proses maupun hasil dari pembelajaran di sekolah.

“Saya akan selalu mengayomi dan memberikan apresiasi kepada semua organisasi profesi yang ada di Kabupaten Gunung Mas yang konsen terhadap peningkatan kompetensi guru,” kata Esra, M.Pd saat menyampaikan sambutannya pada kegiatan Diklat Daerah Sasaran Kabupaten Gunung Mas Program Organisasi Penggerak (POP) Ikatan Guru Indonesia (IGI)Tingkat SD dan SMP Tahun 2022.

Dirinya juga meminta perlunya sinergitas yang dilaksanakan antara pemerintah dan organisasi kemasyarakatan, dan ormas yang berprestasi dalam POP telah memiliki praktik baik dalam peningkatan kompetensi pendidikan dan tenaga kependidikan.

“Saya harapkan hendaknya IGI selaku mitra pemerintah khususnya yang bermitra langsung dengan Disdikpora Kab. Gunung Mas, bisa saling bersinergi dalam upaya peningkatan kompetensi guru yang sasaran akhirnya adalah untuk peningkatan kualitas pembelajaran dan hasil belajar, karena IGI dibentuk untuk oleh guru, dari guru dan untuk kepentingan guru itu sendiri,” ujar Esra, M.Pd.

Sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut Ibu Dewan Pakar IGI Pusat Ibu Dr. Rusnani Esra, M.Pd, pengurus IGI pusat Ketua POP SMP Ibu Nur Azijah, Bendahara POP jenjang SD bu Pariska Fitriyani  dan pengurus IGI Wilayah Kalimantan Tengah Bapak Drs. Aston Pakpahan, MM. (Em)

Berita Terkini

Pemkab Gumas Gelar Perayaan Natal Gabungan

Pemkab Gumas Gelar Perayaan Natal Gabungan

Gunungmaskab.go.id – Kuala Kurun – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar Perayaan  Natal Gabungan bersama DPRD, TNI, Polri, Korpri, PKK,...

Pengumuman

kembali ke atas
%d blogger menyukai ini: