Penyerahan Bendera Kontingen, Oleh Sekda Gunung Mas Drs. Yansiterson, M.Si kepada Pimpinan Kafilah Kabupaten Gunung Mas Drs. H Muhamad Rusdi

Gunung Mas – Sekda Gunung Mas Drs. Yansiterson, M.Si melepas keberangkatan 70 orang kafilah seleksi Tilawatil QUR’AN XXII tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2019. Terdiri dari panitia pelatih, pendamping, dan petugas lainnya kegiatan digelar di halaman Mesjid Darunnajah Kuala Kurun, Selasa (23/04/2019).

Turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Ambo Jabar, M.Si, Asisten  Perekonomian Ir. Yohanes Tuah, M.Si, Staf Ahli Bupati Gunung Mas Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan dr. Makmur Ginting, M.Kes, mewakili dari pihak Kejaksaan,  Ketua MUI H Pahmi dan pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (STQ) Kabupaten Gunung Mas.

Drs. Yansiterson, M.Si saat membacakan sambutan tertulis Bupati Gunung Mas Drs. Arton S Dohong mengatakan bahwa, MTQ/STQ adalah pesta seni baca Al-Qur’an, yang selalu dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, tingkat Nasional bahkan sampai tingkat Internasional, karena kegiatan ini merupakan program nasional.

”Digelarnya pesta seni baca Al-Qur’an dengan segala cabang-cabangnya diharapkan dapat memberi motivasi untuk lebih menggairahkan umat Islam agar senantiasa mencintai kitab sucinya, mempelajari bacaanya, menelaah isi kandungannya dan mengaktualisasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” pesen Sekretaris Daera.

Sekda Gunung Mas Drs. Yansiterson, M.Si membacakan sambutan tertulis Bupati Gunung Mas pada kegiatan pelepasan kafilah Kabupaten Gunung Mas, mengikuti seleksai tilawatil Qur’an (STQ) XXII tingkat Provinsi Kal-Teng di Kota Palangka Raya, Selasa (23/04).

Dengan semangat “Habangkalan Penyang Karuhei tatau”, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas menyambut gembira atas keikutsertaan Kafilah STQ Kabupaten Gunung Mas dalam event MTQ ke-22 Tingkat Provinsi Kalimantan Tengan (Kalteng) tahun 2019 di Kota Palangka Raya. Harapan kami dan kita semua bahwa kalian memperoleh sukses, mengukir prestasi dan meraih juara.

”Ia juaga berpesan kepada seluruh para kafilah, official dan pendamping agar menunjukkan semangat dan disiplin yang tinggi. Dan andaikan nanti belum berhasil maka janganlah berputus asa, belajar dan belajarlah dengan tekun. Agar menjadi satu tim yang solid dan kompak untuk meraih prestasi yang membanggakan serta menjaga kekompakan nama baik daerah,” pungkasnya.

Usai pelepasan Kapilah, Drs. Yansiteron, M.Si berjabatan dengan kontingen kafilah STQ.

Pimpinan Kafilah Kabupaten Gunung Mas Drs. H. Muhamad Rusdi mengatakan, Kontingen Kabupaten Gunung Mas akan mengikuti 6 cabang lomba yang terdiri dari Cabang tilawah semua golongan putra-putri, cabang Hifzil-Qur’an 1 juz 5 juz dan 10 juz, cabang Fahmil-Qur’an putra (1 regu = 3 oarang), cabang syarhil-Qur’an putri (1 regu=3 orang), cabang Khatil-Qur’an semua golongan putra-putri, cabang Makalah Al-Qur’an putra-putri.

Tanggal 24 April 2019 acara keberangkatan kafilah Kabupaten Gunung Mas dari Kuala Kurun menuju Kota Palangka Ray, tanggal 24-25 April 2019 penerimaan kafilah, pendaftaran peserta lomba dan malam ta’aruf, tanggal 26 April 2019 mengikuti kegiatan pawai ta’aruf technical meeting dan acara pembukaan.pada tanggal 27-29 April 2019 mengikuti seluruh rangkaian perlombaan STQ.

”Dikatakannya,  Kendala yang dihadapi oleh kafilah Kabupaten Gunung Mas tidak bisa mengikuti seluruh perlombaan seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) XXII tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, karena pembinaan dan keterbatasan, dari tahun ketahun sudah ada peningkatan,” jelas Drs. Muhamad Rusdi.