Kuala Kurun gunungmaskab.go.id – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Gunung Mas (Gumas) menggelar Kursus Mahir Dasar (KMD) pembina pramuka golongan siaga dan penggalang tahun 2021 dalam rangka membumikan kegiatan kepramukaan melalui gugus depan dan satuan karya, serta sebagai salah satu pilar dalam pembentukan karakter generasi muda.

”KMD ini untuk menghasilkan pembina pramuka yang berkualitas, memenuhi kualifikasi tertentu, pembina gugus depan yang tangguh, berkarakter pendidik, dan dapat menjadi teladan,” ucap Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kwarcab Gumas Jaya Samaya Monong, Senin (13/12) malam.

Dia mengatakan, peserta KMD dipersiapkan untuk menjadi pembina pramuka. Mereka dilengkapi dengan berbagai materi kursus, diantaranya pemahaman dan penghayatan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga gerakan pramuka, prinsip dan metode kepramukaan, sistem among, sistem tanda kehormatan, praktek cara melatih keterampilan, dan pembentukan karakter peserta didik yang sesuai dengan perkembangan fisik dan psikologisnya.

”Dalam program kerja tahun 2021, Kwarcab gerakan pramuka terus berupaya menambah jumlah pembina yang berkualifikasi serta mahir dasar untuk golongan peserta didik siaga dan penggalang,” ujarnya.

Melalui KMD ini, lanjut dia, diharapkan para peserta mengikuti dengan sungguh-sungguh seluruh prosesnya, mendalami, menghayati prinsip dasar kepramukaan, pola pembinaan satuan gerakan pramuka, cara membina di gugus depan, proses dan kegiatan yang berlangsung dalam semangat dan kekeluargaan pramuka yang gembira dan menyenangkan.

”Kegiatan seperti ini merupakan langkah yang strategis gerakan pramuka, sebagai sarana untuk lebih mengembangkan lembaga organisasi kepramukaan dan juga untuk memasyarakatkan gerakan pramuka di seluruh lapisan masyarakat,” tutur Jaya yang juga menjabat Bupati Gumas.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Gumas Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong mengatakan, KMD ini untuk pembinaan terhadap generasi bangsa, khususnya bidang kepramukaan benar-benar tertuang dengan sebaik-baiknya dan mencetak kader yang berkualitas di gugus depan maupun di Kwartir ranting.

”Selain itu, kami juga mengharapkan muncul pembina pramuka yang memiliki pengalaman dalam hal kepramukaan, serta memahami ide dasar kepramukaan,” terangnya.

Dia menambahkan, KMD golongan siaga dan penggalang Kwarcab gerakan pramuka tahun 2021 digelar mulai 13-19 Desember 2021, yang diikuti 80 peserta, dari 12 Kwartir Ranting. Mereka terbagi dalam 40 peserta golongan siaga dan 40 peserta golongan penggalang.

Pelaksanaan dilaksanakan mulai hari ini Senin, 13 Desember 2021 sampai dengan hari Minggu, 19 Desember 2021 di Aula dan Halaman Belakang Hotel Zefanya.